Arsip untuk Januari 11th, 2008

Siapakah Bart D. Ehrman yang menulis buku “Misquoting Yesus” ?

Januari 11, 2008

Ini saya kutipkan Kata Pengantar Bart D. Ehrman di bukunya “Misquoting Yesus, Kesalahan Penyalinan dalam Kitab Suci Perjanjian Baru, Kisah dibalik Siapa yang Mengubah Alkitab dan Apa Alasannya” yang menguraikan juga sedikit riwayat hidupnya..

Dibandingkan dengan bahan karya tulis saya yang lain, bahan di dalam buku ini sudah bercokol dalam benak saya lebih lama, yakni sejak tiga puluh tahun lalu, ketika saya masih berusia belasan akhir dan baru saja mulai mempelajari Perjanjian Baru.

Karena hal tersebut sudah menjadi bagian dari diri saya dalam waktu yang begitu lama, saya kira saya harus memulai tulisan ini dengan menceritakan kisah pribadi tentang mengapa bahan itu dari dahulu hingga sekarang sangat penting bagi saya.

Buku ini bertutur tentang manuskrip-manuskrip kuno Perjanjian Baru dan perbedaanperbedaan yang ditemukan di dalamnya, tentang para penyalin yang menyalin tulisan kudus dan kadang-kadang mengubahnya.

Hal itu boleh jadi bukanlah pengantar yang cocok untuk autobiografi seseorang, tetapi begitulah kenyataannya. Tidak banyak yang bisa diperbuat tentang hal itu.

Baca entri selengkapnya »